Tuesday, July 28, 2015

SEJARAH MOBIL DAIHATSU TAFT, MOBIL 4X4 YANG TANGGUH

Daihatsu Taft adalah kendaraan berpenggerak 4 roda yang diproduksi oleh Daihatsu pada tahun 1974 sampai 2007. Di beberapa negara, Taft juga dikenal dengan Wildcat atau Scat atau Daihatsu Rugger.

        Generasi pertama Taft berkode F10 diluncurkan pada tahun 1974. F10 menggunakan mesin bensin 1.0 L (958 cc) dan transmisi 4 percepatan dengan transfer case 2 mode. Di Indonesia, Taft F10 diperkenalkan pertama kali pada tahun 1976.

Pada tahun 1977, F10 digantikan oleh seri F20 yang menggunakan mesin bensin 12R 1.6 L (1587 cc). Selain itu, Taft berkode F50 dengan mesin diesel DG 2.5 L juga diluncurkan. Pada tahun 1985, Taft F50 digantikan oleh seri F70 dengan mesin diesel berkode DL41 2.8L (2765 cc).



Generasi Pertama (F10/F20,1974-1979)


Taft F10

Taft pertama kali diluncurkan pada tahun 1974 dan memiliki kode F10. Taft F10 dibekali dengan mesin bensin 4 segaris 1.0L (958 cc) karburator bertenaga 57 hp (42,5 kW, 58 PS)@ 5500 rpm dengan torsi 78,5 Nm / 58 ft-lb @ 4000 rpm. Penggeraknya menggunakan transmisi manual 4 percepatan dibekali transfer case dual-range. Akselerasi 0-100 km/jam adalah berkisar 37,9 detik. Taft F10 masuk ke Indonesia pada tahun 1976 dan berakhir pada tahun 1979.

Pada tahun 1977, Daihatsu membekali Taft dengan mesin baru, bensin 4 segaris karburator 1.6L (1587 cc) bertenaga 79 hp(59 kW, 80 PS)@ 5200 rpm dengan torsi 123 Nm / 91 ft-lb @ 3000 rpm. Taft ini memiliki kode F20. Akselerasi 0-100 km/jam untuk F20 adalah berkisar 19,6 detik. Taft F20 tidak dimasukkan ke pasar Indonesia.




Generasi Kedua (F50,1977-1984)

Taft F50

Pada tahun 1977, Daihatsu meluncurkan Taft bermesin diesel yang diberi kode F50. Mempunyai bentuk bodi dan dimensi yang hampir sama dengan Taft generasi sebelumnya, Taft F50 memakai mesin diesel 4 segaris indirect injection DG 2.5L (2530 cc) yang sanggup mengeluarkan tenaga 74 hp (55 kW, 75 PS)@ 3600 rpm dan torsi 172 Nm / 127 ft-lb @ 2200 rpm.




Generasi Ketiga (F70,1985-1995)

Taft F70

Taft F70 diluncurkan oleh Daihatsu di Indonesia pada tahun 1985, populer dengan nama Taft GT. F70 merupakan model terlama yang dipasarkan oleh Daihatsu di Indonesia. Tampil dengan desain dan mesin baru, F70 menggunakan mesin diesel yang lebih besar dan bertenaga daripada sebelumnya dengan kode DL41 2.8L (2765 cc) berteknologi indirect injection. Tenaga maksimumnya 72 hp (53,5 kW, 73 ps) @ 3600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm / 125 ft-lb @ 2200 rpm. Mesin ini menggunakan timing gear sebagai penggerak katupnya dengan pompa injeksi in-line. Semua Taft F70 yang beredar menggunakan penggerak 4 roda.

        Pada tahun 1988, mesin diesel berkode DL41 digantikan oleh mesin diesel generasi berikutnya yaitu DL42 dengan volume total silinder sama (2765 cc). Mesin ini sekarang telah menggunakan timing belt sebagai penggerak katup dengan pompa injeksi rotari yang menggantikan pompa injeksi in-line. Setelah itu, pada tahun 1991, juga terdapat pembaharuan transmisi manual yang semula hanya 4 percepatan, lalu menjadi 5 percepatan.

Di luar negeri, ada 3 mesin yang tersedia yaitu mesin bensin Toyota 3Y 2.0 L karburator bertenaga 88 PS (65 kW) dan 2 varian mesin diesel 2.8 liter, tanpa turbo bertenaga 73 PS (54 kW), atau dengan turbocharger bertenaga 88 PS (65 kW). Part-time 4WD menjadi standar. Model bermesin Toyota dijual di Jepang dengan nama Toyota Blizzard.




F69 Hiline


Taft F69 Hiline

Selain Taft F70, Di Indonesia, Daihatsu juga meluncurkan Taft F69 yang disebut Hiline yang diperkenalkan pada tahun 1986. Model yang diperkenalkan saat itu memiliki variasi dimensi, dari sumbu-roda pendek (Hiline GTS, short-wheelbase), sumbu-roda menengah (Hiline GTX, medium-wheelbase), sampai sumbu-roda panjang (Hiline GTL, long-wheelbase).

        Hiline GTS memiliki dimensi dan mesin sama dengan F70, hanya saja F69 hanya berpenggerak roda belakang, sedangkan F70 berpenggerak 4 roda. Hiline GTX yang beredar pada tahun 1986-1988, merupakan cikal bakal F75 Rocky. Sedangkan Hiline GTL memiliki sumbu roda terpanjang, umum digunakan sebagai kendaraan angkutan. Pada umumnya, semua F69 berpenggerak roda belakang saja, namun ada beberapa Hiline GTL berpenggerak 4 roda yang merupakan pesanan khusus.




F75 Rocky

Taft F75 Rocky

Pada tahun 1988, Daihatsu meluncurkan versi baru dari Taft yang diberi kode F75 atau populer disebut sebagai Rocky. Rocky memiliki atap belakang removable yang terbuat dari resin dengan medium-wheelbase. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc).




Generasi Keempat (F73/F78,1996-2007)


Taft F73 / Taft Independent

Pada tahun 1996, Daihatsu meluncurkan generasi terakhir Taft yang diberi kode F73. Tidak ada perbedaan bentuk yang mencolok antara F73 dengan F70 kecuali pada gril dan lampu bagian depannya. Taft generasi ini juga disebut Taft Independent karena telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong untuk roda belakang. Untuk mesinnya, tetap menggunakan mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc) dengan transmisi manual 5 percepatan.

Taft F78 / Rocky Independent

Selain F73, Daihatsu juga meluncurkan Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78. Pembaharuan yang dilakukan sama dengan F73, yang membedakan keduanya hanyalah atap belakang dan sumbu rodanya saja.

Taft F73 dan F78 diproduksi di Indonesia hingga tahun 2007.


Baca Juga : Tips Merawat Mobil Lama

0 komentar:

Post a Comment

Popular Post

Fans Page

Powered by Blogger.