Sunday, December 27, 2015

LAMBORGHINI MADURA, TERINSPIRASI OLEH KARAPAN SAPI MADURA

Lamborghini Madura

Lamborghini merupakan produsen supercar ternama asal italia, mobil-mobil buatan Lamborghini ini memiliki berbagai varian dengan desain sporty dan mewah, serta dikenal memiliki mesin yang garang. Beberapa varian seperti Diablo, Gallardo, dan Aventador telah lama dikenal oleh pecinta supercar di dunia. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah ternyata Lamborghini mengeluarkan sebuah mobil konsep yang terinspirasi dari sebuah pulau di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Yaitu Lamborghini Madura.

        Inspirasi nama 'Madura' sendiri berawal ketika konseptor Lamborghini mencari-cari di internet dengan kata kunci 'Banteng Terkuat', kemudian tampilah gambar Karapan Sapi yang mencerminkan kekuatan dan kecepatan hewan tersebut. Ternyata, konsep Karapan Sapi tersebut sejalan dengan konsep pabrikan supercar yang berlogo Banteng tersebut, yaitu kekuatan dan kecepatan. Hingga akhirnya diambilah nama pulau asal Karapan Sapi tersebut, yaitu Madura.

Lamborghini Madura, Terinspirasi Oleh Karapan Sapi Madura

        Sepanjang sejarahnya, Lamboghini memang senantiasa menamai mobilnya dengan sesuatu yang berhubungan dengan Banteng yang merupakan binatang favorit Ferruccio Lamborghini, pendiri perusahaan pembuat supercar ini. Sebelum Madura, hanya dua nama Lamborghini yang tidak berhubungan dengan banteng yaitu Countach dan Silhouette.

Lamborghini Madura

        Asal usul mobil ini adalah sebuah proyek bernama Lamborghini Raw Materials Project yang digawangi oleh Prof. Dr. Othmar Wickenheiser dan Slavche Tanevsky yang merupakan mahasiswanya. Sang profesor memang memiliki ide untuk melibatkan mahasiswa bergabung dalam perencanaan produk Lamborghini. Perancangan mobil ini sendiri telah dilakukan sejak sekitar tahun 2010 oleh mahasiswa desain yang hasilnya lantas disodorkan ke Lamborghini. Rencananya ditargetkan tahun 2015 sudah bisa dijual untuk umum, Tapi ternyata meleset dan mobil ini kemungkinan baru akan hadir 2016 dalam bentuk konsep. Namun banyak pihak memprediksi tak akan butuh waktu lama untuk menjadikannya produksi massal bila memang diminati.

Lamborghini Madura

        Dilihat dari sisi eksteriornya, Lamborghini Madura ini memiliki desain ramping dan lebih agresif dibanding Aventador sekalipun. Pada bagian depan, terdapat lampu yang sangat ramping dengan desain lubang intake udara besar. Sementara itu pada bagian belakang terdapat desain garis-garis yang membuat mobil ini semakin sangar. Secara proporsional, mobil ini memiliki wheelbase lebih pendek, dan overhang sama panjang. Wheelbase pendek sengaja dilakukan agar memberikan kelincahan yang lebih baik dan kinerja mengemudi sang driver agar mudah dalam melakukan manuver di jalanan.

Lamborghini Madura

        Untuk dapur pacunya, supercar ini dikabarkan menyandang mesin berjenis Hybrid. Dengan demikian, maka mobil ini adalah mobil produksi Lamborghini pertama yang menggunakan mesin Hybrid. Namun, hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Lamborghini tentang spesifikasi mesin Hybrid Lamborghini Madura ini. Tetapi, kabarnya Tanevsky memberi bocoran jika Lamborghini Madura tetap akan masuk di kelas supercar karena kecepatan dan power mesinnya. Sedangkan harga yang dipatok mobil ini mencapai kisaran angka 5 Juta USD, atau sekitar 48 Milyar Rupiah.

         Bangsa Indonesia (khususnya masyarakat Madura) patut berbangga, karena nama pulau Madura dipakai untuk nama produk dari produsen supercar ternama di dunia. Diharapkan, dengan disematkan nama pulau tersebut, mampu membuat nama Indonesia khususnya Madura dikenal oleh dunia.
     

0 komentar:

Post a Comment

Popular Post

Fans Page

Powered by Blogger.