Monday, November 16, 2015

SEJARAH MUSCLE CAR ( AMERICAN MUSCLE )

Apakah Anda tahu mobil tua yang biasa dipakai Dominic Toretto (Vin Diesel) di film Fast and Furious series? dan kenapa mobil tersebut mampu diadu kecepatannya dengan mobil-mobil yang lebih muda? Mobil tersebut merupakan Muscle Car atau biasa disebut American Muscle yang merupakan tipe mobil buatan amerika yang kapasitas silinder (CC) dan tenaga (BHP)nya yang besar. Tak heran, walaupun mobil tua tetapi performa mesin dari mobil ini berani diadu dengan mobil-mobil yang lebih muda. Dan meskipun tampilannya tua tetapi hal itulah yang paling disukai orang-orang dari mobil ini, karena terkesan classic dan antik.

        Mobil muscle biasanya merujuk kepada mobil dengan performa tinggi, biasanya berbentuk sedan mid-size 2 pintu dengan mesin V8 dan berpenggerak roda belakang. Mobil ini tidak terlalu mementingkan fitur, tapi lebih mengutamakan tenaga mesin nya. Beberapa opini menyebutkan kalau mobil muscle kebanyakan diproduksi akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Kebanyakan mobil ini dipasarkan oleh pabrikan ternama seperti Dodge, Ford, Chevrolet, Chrysler, Pontiac, Plymouth, dll.

Muscle Car

Mobil muscle pertama diperkenalkan pada tahun 1949 dengan nama Oldsmobile Rocket 88. Model ini menampilkan katup kompresi tinggi overhead V-8, mesin pertama dari jenisnya di Amerika. Mesin kuat yang ditandai dengan perpindahan dari 303 inci kubik dan karburator

Oldsmobile Rocket 88

Chrysler merupakan salah satu dari beberapa produsen mobil pertama yang mempopulerkan muscle car (American muscle). Perusahaan ini datang dengan C-300 tahun 1955, yang tidak hanya menjadi daya tarik terbaru di Amerika, namun salah satu mobil terlaris abad tersebut. Menawarkan mobil bertenaga kuda dengan 300 hp, mobil ini mampu mempercepat lajunya dari 0 hingga 60 mph, dalam waktu 9,8 detik. C-300 memang menjadi mobil yang paling kuat di Amerika.

Chrysler C-300 1955


Selama tahun 1960-an, mobil muscle memperoleh popularitas besar. Banyak perusahaan seperti Plymouth, Chrysler, Ford dan Dodge berpacu di lintasan drag. The 1962 Dodge Dart Max Wedge mampu menjalankan lebih dari 110 mph atau 170 kph. Pada tahun 1964, mobil otot lain, seperti Pontiac GTO, Ford Mustang, Chevrolet Camaro dan Pontiac Firebird, muncul. Berikutnya Barracuda / Cuda dan Plymouth yang Duster dari Chrysler. Antara tahun 1964 dan 1965, Mopar meluncurkan 7-liter atau 426 kubik inci mesin V8. Pada tahun yang sama melihat pengenalan Thunderbolt Ford di pasar.

Dodge Dart Max Wedge




Pontiac GTO 1964




Ford Mustang 1964




Chevrolet Camaro SS 1964




Pontiac Firebird




Barracuda





Duster






Ford Thunderbolt




Sampai saat ini mobil American Muscle semakin banyak penggemarnya, anak-anak muda pun banyak yang menyukai mobil ini. Di Amerika dan Eropa, mobil ini tidak hanya diadu kecepatannya dengan sesama Muscle Car di trek lurus, namun ada juga yang diadu dengan supercar ternama seperti Lamborghini dan Ferrari di trek lurus.

Lamborghini vs Charger



0 komentar:

Post a Comment

Popular Post

Fans Page

Powered by Blogger.