Tuesday, August 4, 2015

FITUR MESIN TOYOTA NAV1

Nav1 atau dibaca Nav One merupakan kendaraan MPV yang diproduksi oleh Toyota, ditujukan untuk kelas menengah (Mid-End). Toyota Nav1 ini memiliki desain eksterior yang hampir mirip seperti pendahulunya, yaitu Toyota Alphard. Namun, kelas Toyota Nav1 ini masih dibawah Toyota Alphard, makanya harganya lebih murah.


        Toyota Nav1 memiliki fitur-fitur menarik, seperti slide door (pintu geser), Dual Zone Air Conditioner, Rear Set Enterntainment, Optitron Combination Meter & MID, dan lain-lain. Namun, ada fitur menarik dalam dapur pacu atau mesin Toyota Nav1 ini.

fitur mesin toyota nav1

Mesin Toyota Nav - 1 tipe 3ZR - FE dilengkapi dengan fitur Valvematic. Teknologi tersebut dipadu dengan Dual VVT-I, membuat kinerja mesin lebih baik dan efisien. Perbedaannya, Dual VVT-I mengatur timing bukaan katup masuk dan buang, sedangkan Valvematic mengatur besarnya bukaan katup yang disesuaikan dengan putaran mesin.

        Kedua fitur tersebut akan bekerja sama, dimana timing bukaan katup akan diatur oleh Dual VVT-I, sedangkan besarnya bukaan katup diatur oleh Valvematic. Dengan demikian, performa mesin jadi maksimal. Selain itu, katup pada Valvematic juga berfungsi sebagai peredam suara dari intake sehingga mesinnya akan lebih senyap.

        Bahan bakar yang dibutuhkan pun lebih sedikit, karena keluar dan masuk bahan bakar diatur oleh katup (tidak terjadi lagi bahan bakar tersisa atau berlebih). Contoh : Saat Mesin posisi idle, katup hanya membuka 1 mm, saat putaran mesin meningkat, katub terbuka hingga 11 mm. Jadi, meskipun mesin dibuat lebih irit, namun saat gas diinjak lebih dalam, mesin akan merespon dengan lebih cepat.






Dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment

Popular Post

Fans Page

Powered by Blogger.