Thursday, July 30, 2015

7 TIPS TOURING MENGGUNAKAN MOTOR

     Touring adalah kegiatan yang menyenangkan bagi para pengendara motor. Apalagi jika Anda termasuk anggota komunitas atau club kendaraan bermotor. Jadikanlah touring sebagai kegiatan yang positif atau pengalaman yang berharga dalam hidup Anda. Supaya kegiatan touring Anda berjalan sesuai rencana, berikut adalah tips-tips touring yang dapat membantu Anda.



1. Siapkan fisik anda
Hal paling penting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh dengan mengendarai motor adalah kesehatan fisik, karena saat berkendara yang Anda hadapi adalah terpaan angin, cuaca panas, dingin, dan hujan ditambah perubahan cuaca yang tak menentu. Maka sebelum memulai touring, pastikan Anda sudah cukup istirahat, cukup makan & minum, bila perlu konsumsi multivitamin untuk daya tahan tubuh Anda.

2. Periksa Kondisi Motor Anda
Pastikan motor Anda dalam kondisi yang prima, ada baiknya Anda melakukan service dulu pada motor Anda minimal 2 hari sebelum Anda touring. Cek kondisi mesin, pengapian, kabel-kabel, lampu-lampu, oli, accu, rem, kaki-kaki serta tekanan ban, dan jangan lupa isi tangki BBM Anda. Pengecekan yang tepat dapat meminimalkan resiko motor Anda macet atau trouble di perjalanan.

3. Hindari Membawa Barang Berlebih
Motor Anda bukanlah truk yang dapat membawa banyak muatan. Hindari membawa barang berlebih, bawalah barang-barang yang sekiranya Anda perlukan di perjalanan. Membawa barang berlebih malah akan membuat Anda kesulitan mengendalikan motor Anda serta membuat jarak pandang disekeliling Anda menjadi tidak maksimal. Maka, bijaklah dalam membawa barang-barang yang Anda perlukan.

4. Perhatikan Kelengkapan
Selain itu, periksa kembali kelengkapan Anda seperti SIM dan STNK. Jangan sampai Anda lupa membawanya atau bahkan kehilangan. Anda tentu tidak ingin acara touring Anda "dinodai" oleh surat tilang bukan? dan jangan lupa bawa juga dompet atau uang saku Anda.

5. Pakai Perlengkapan yang Tepat
Bekendara untuk touring bukan hanya sekedar senang-senang namun Anda harus mempedulikan keamanan diri Anda. Lengkapi diri Anda dengan perlengkapan berkendara seperti helm ber-SNI, jaket yang dapat melindungi dari terpaan angin, sarung tangan, masker, sepatu touring, celana yang tepat serta kacamata bila perlu. Selain itu, jangan lupa untuk membawa mantel atau jas hujan karena cuaca sekarang tidak menentu atau dapat terjadi hujan secara tiba-tiba dalam perjalanan.

6. Istirahat sejenak untuk memulihkan stamina
Berkendara motor dengan jarak tempuh yang jauh pastinya membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Jangan sampai rasa mengantuk dan kelelahan menghampiri Anda, karena berkendara dalam kondisi mengantuk dapat membahayakan diri Anda dan orang lain. Ada baiknya Anda istirahat sejenak jika Anda merasa mengantuk atau lelah, dan jika Anda tak menginginkan beristirahat, Anda bisa rehat sejenak di tempat makan atau warung pilihan Anda walaupun hanya menghabiskan secangkir kopi.

7. Kenali Medan yang Anda Lewati
Mengenali medan yang akan di tempuh sangatlah penting, mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh serta jalur alternatif. Jika Anda lupa jalan, tanyalah ke penduduk sekitar -dengan cara yang sopan pastinya, atau gunakan GPS bila perlu.

Nah, itulah tips-tips dari saya. Selamat menempuh perjalanan jauh, semoga perjalanan Anda menyenangkan serta selamat sampai tujuan. Amiinn.......
Dan jangan lupa untuk tetap berhati-hati di jalan, selalu patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, serta hargai sesama pengguna jalan supaya kegiatan touring motor ini tidak dipandang negatif oleh masyarakat.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Post

Fans Page

Powered by Blogger.